Sunday 30 June 2013

Candi Muaro Jambi Siap Mencuri Hati Para Wisatawan

Jika Anda sudah jenuh mengunjungi Candi Borobudur? Tak perlu bingung ternyata Di Jambi, terdapat sebuah lokasi purba kala yang jauh lebih besar daripada Candi Borobudur. 

Tempat itu bernama Candi Muaro Jambi yang sekarang ini mulai memikat perhatian para Turis.

Berwisata ke Jambi, Anda bisa mengunjungi situs kepurbakalaan Muaro jambi. Inilah lokasi peninggalan purbakala terbesar di Indonesia. Situs kepurbakalaan Muaro Jambi menghampar dari barat ke timur. 

Memiliki panjang hingga 7,5 km di Tepian Sungai Batang Hari, bahkan luasnya mampu menjangkau 12 kilometer persegi. 

Situs ini terdapat 61 candi yang kebanyakan masih berbentuk gundukan tanah. Candi-candi yang terdapat di lokasi ini pada umumnya merupakan candi yang memiliki nuansa agama Hindu.

Candi Muaro jambi diprediksikan berasal dari abad ke-11 M yang dibangun pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Candi Muaro jambi adalah kompleks candi yang terluas dan yang paling tertata apik di pulau Sumatera. 

Candi Muarojambi adalah warisan budaya bernilai luhur di mana kontruksi – kontruksi pada candi serta bekas reruntuhannya menyimbolkan jika di masa lalu Percandian Muarojambi pernah menjadi pusat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana.

Hal tersebut terlihat dari banyak ditemukannya sarana ritual seperti, Arca Prajnaparamita, reruntuhan stupa, serta arca gajah Singh.

Dari sekian banyak candi yang terdapat di komplek ini, hanya terdapat sembilan candi yang telah dipugar. Dan hampir seluruhnya mempunyai motif agama Buddha. Kesembilan candi tersebut ialah Candi Kotomahligai, Candi Gedong Satu, Candi Kedaton, Candi Gedong Dua, Candi Telago Rajo, Candi Kembar Batu, Candi Gumpung,  Candi Tinggi serta  Candi Astano. 

Di dalam kompleks situs tidak cuma terdapat beberapa candi namun juga menyimpan beragam artefak kuno sejenis Arca, keramik, manik-manik, serta mata uang kuno. Terdapat 8 area percandian, dan kolam kuno yang oleh warga setempat di beri nama Kolam Telago Rajo, yang diperkirakan lebih dari 60 buah gundukan tanah reruntuhan peninggalan bangunan kuno.

Untuk menjaga kelestarian peninggalan ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi telah mencantumkan Candi Muarojambi sebagai salah satu warisan dunia Unesco. Langkah tersebut merupakan upaya untuk melestarikan serta mewujudkan situs Candi Muarojambi sebagai salah satu warisan dunia.

Harga tiket untuk mengunjungi warisan budaya milik bangsa ini begitu terjangkau Anda cukup merogoh kocek Rp3.000 hingga Rp5.000 saja.
 .

No comments:

Post a Comment