Monday 8 July 2013

Menyusuri Ngarai Kurobe Gorge Dengan Kereta Api

Kurobe Gorge sudah tersohor mempunyai pemandangan yang sangat eksotik. Berada di Pegunungan Utara Jepang, Kurobe Gorge, yang dilewati Sungai Kurobe adalah salah satu ngarai terdalam di Jepang. 

Tebing-tebingnya sangat curam bahkan banyak pula yang tegak lurus, sehingga banyak ungkapan, tikus pun pasti tergelincir jika mencoba memanjatnya.

Untuk menyaksikan panorama elok Kurobe Gorge, pengunjung dapat menggunakan jasa Kereta Api Kurobe Gorge (Kurobe Gorge Railway). Jarak untuk menerobos Kurobe Gorge dengan KA ini bisa ditempuh dengan jarak 21 kilometer atau memakan waktu sekitar 90 menit. 

Laju KA tidak begitu kencang, hanya 16 kilometer per jam, sehingga para wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar ngarai yang memukau.


Jalur kereta api ini sebetulnya dibuat bukan untuk kepentingan pariwisata, melainkan untuk membawa  material pembangunan Kurobe Dam, milik Perseroan Listrik Kansai. Pembangunan dam itu selesai pada 1963, sedangkan jalur kereta tersebut tidak lagi dipergunakan kecuali sebagai alat transportasi para karyawan pembangkit tenaga listrik Kurobe.

Penumpang Kereta Api Kurobe Gorge dapat memutuskan tiga jenis gerbong guna menjelajahi Kurobe Gorge. Yang standar ialah gerbong terbuka, dengan bangku tersedia bagi empat orang. Sementara itu gerbong kereta kelas 2 dan juga kelas 1, adalah gerbong yang beratap dengan tambahan jendela kaca yang dapat dibuka. 

Jika berlibur di musim semi atau panas, lebih baik mempergunakan gerbong standar sebab kita dapat menikmati udara yang masih segar. Tetapi jika melakukan hendak perjalanan di musim gugur, sebaiknya kita memilih gerbong kelas 1 atau kelas 2 yang menggunakan penutup karena kondisi udaranya lebih dingin serta hembusan angin yang cukup kencang.

Jasa layanan Kereta Api Kurobe Gorge  ini tidak dibuka sepanjang tahun, namun hanya dibuka pada pertengahan April hingga November saja. 

Puncak kunjungan wisatawan umumnya terjadi di pada pertengahan Oktober hingga pertengahan November, yang bersamaan dengan musim gugur. Pada saat itu hutan di sepanjang jalur Kurobe Gorge berganti menjadi berwarna jingga dan merah. 

Perjalanan Kurobe Gorge diawali dari Kota Unazuki, sebuah kota yang tersohor dengan sumber air panasnya. Stasiun Unazuki adalah titik keberangkatan jalur Kurobe Gorge.


No comments:

Post a Comment